Toraja farmer

Pertanian dataran tinggi

Syarat tanah untuk budidaya tanaman

Leave a comment

     Tanah merupakan salah satu faktor produksi utama dalam budidaya tanaman. Meskipun sekarang ini ada tanaman budidaya tertentu yang ditanam tanpa menggunakan tanah atau istilah lazimnya budidaya hidroponik. Namun budidaya hidroponik atau tanpa media tanah hanya terbatas pada tanaman tertentu saja misalnya tomat, sawi, cabe dan beberapa jenis tanaman yang lainnya atau singkatnya hanya untuk tanaman semusim. Tetapi untuk sebagian besar tanaman budidaya hanya bisa ditanam menggunakan tanah. Tidak terbayangkan seandainya tanaman pangi (Pangium edule) atau kelapa (Cocos nucifera) akan ditanam tanpa tanah atau secara hidroponik.
Karena tanah merupakan faktor produksi yang penting, maka tanah yang akan digunakan sebagai lahan budidaya sangat penting diketahui berapa besar kemampuannya untuk membuat tanaman bisa berproduksi secara optimum.
Tanah seperti apakah yang baik sebagai lahan budidaya tanaman?. Ada tiga syarat yang harus dipenuhi yaitu : secara fisik, kimia dan biologi. Ketika ketiga syarat ini terpenuhi maka tanpa ragu kita katakan tanah tersebut subur. Jadi kesuburan tanah ditentukan oleh keadaan fisik, kimia dan biologinya.

Tanah yang baik secara fisika
Persyaratan fisik tanah adalah porositas tanah yang baik. Tanah mempunyai pori-pori yang disebut pori mikro dan pori makro. Tanah porositasnya dikatakan baik apabila pori mikro terisi air dan pori makro terisi udara. Hal ini penting karena akar tanaman selain menyerap air juga harus melakukan proses respirasi. Respirasi pada akar terjadi bila ada oksigen dalam tanah. Tanah yang tergenang air (jenuh air) misalnya, maka proses respirasi akar menjadi terhambat karena seluruh pori-pori tanah diisi air. Inilah tujuan sebenarnya mengapa dilakukan pengolahan tanah sebelum ditanami. Tanah dicangkul atau ditraktor kemudian digemburkan. Pengolahan tanah dilakukan agar pori-pori tanah berfungsi sebagaimana mestinya.
Porositas tanah hubungannya dengan drainase dan aerasi tanah. Drainase tanah adalah kecepatan air meresap dari dalam tanah atau lamanya tanah tergenang (jenuh) air. Aerasi tanah berhubungan dengan kelancaran pertukaran udara dalam tanah. Akar butuh O2 untuk respirasi dan melepaskan CO2 yang akan dimanfaatkan oleh mikroba sebagai sumber energi untuk mengurai bahan organik tanah. Nitrogen (N2) dalam tanah akan diikat oleh bakteri pengikat N yang bersimbiosis dengan tanaman. Gas-gas beracun dalam tanah seperti NH3 sebagai hasil penguraian bahan organik akan keluar dari dalam tanah sehingga tidak meracuni tanaman dan organisme lain dalam tanah.

Tanah yang baik secara kimia
Persyaratan secara kimia disini berhubungan dengan pH dan kandungan unsur hara dalam tanah. Secara umum tanaman memerlukan 16 jenis unsur hara agar bisa tumbuh dan berproduksi secara optimal. Dari ke-16 unsur hara tersebut 12 mutlak diperoleh secara alami dari dalam tanah yaitu kalium (K), posfor (P), besi (F), mangan (Mn), tembaga (Cu), seng (Zn), boron (B), molibden (Mo), sulfur/belerang (S), magnesium (Mg),kalsium (Ca) dan klor (Cl). Nitrogen (N) bisa diperoleh dari tanah ataupun dari udara. Kekurangan atau kelebihan salah satu unsur maka akan menjadi penghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Atas dasar inilah maka kita melakukan pemupukan tanah yang berimbang.
Ph tanah mempengaruhi penyerapan unsur hara oleh akar tanaman. Bagaimana pengaruh ph tanah pada tanaman dijelaskan pada bagian lain.

Tanah yang baik secara biologi
Tanah yang baik secara biologi berhubungan erat dengan kehidupan mikroorganisme atau mikroba dalam tanah. Organisme hidup tersebut sangatlah banyak seperti bakteri, virus, jamur dan protozoa. Mereka menjadi penting karena beberapa alasan :
▪ Penguraian bahan organik menjadi non-organik.
▪ Penggemburan tanah, perbaikan struktur tanah, pencampuran dan pengadukan tanah.
▪ Simbiosis dengan akar tanaman
▪ Siklus materi

Advertisements

Author: jonathan tbg

I am studying agriculture at UKI Toraja. Why must agriculture?, in there we can do many things, for the better world. So, i am a farmer, intellectual farmer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s